BIMBINGAN TEKHNIS APLIKASI SISTEM INFORMASI GENDER DAN ANAK

  • 20 September 2018
  • 6
  • Administrator

Dalam rangka mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender yang membawa laki-laki dan perempuan dapat sama-sama menikmati hasil pembangunan, maka kesemuanya itu dapat diketahui melalui status sistem informasi gender dan anak, karena tanpa kehadirannya sulit untuk mengukur keberhasilan Pengarusutamaan Gender (PUG). Olehnya itu untuk mencapainya salah satu indikator yaitu memenuhi ketersediaan data gender dan anak di berbagai bidang pembangunan agar responsif gender dan responsif terhadap pemenuhan hak anak.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pangkep pada tanggal 20 September 2018 melaksanakan Bimbingan Tekhnis Aplikasi Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA) di Cafe Logos Kabupaten Pangkep yang menghadirkan anggota forum data dari  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Kecamatan. Pada bimtek tersebut sebagai narasumber adalah kabid data dan informasi gender dan anak provinsi Sulawesi Selatan Ibu Ir. Suciati Sapta Margani, M.Si dan fasilitator penyedia aplikasi Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA) oleh Muhammad Fadhil, S.Kom.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pangkep dr. Hj. Hartiny Djafar, M.Kes dalam sambutannya agar para peserta yang sudah mengikuti bimtek ini secara aktif menginput datanya ke aplikasi sehingga bisa di akses oleh siapa saja yang membutuhkan data tersebut.

Sebagai ketua penyelenggara kabid data dan informasi St. Rahmawati, SE., MM juga memberikan motivasi dan semangat sebagai pengelola data SIGA yang walaupun masih sebagian orang kurang diminati, dan kegiatan ini akan berlanjut seterusnya sebagai kegiatan rutin bidang data dan informasi.