DPPPA MENDAMPINGI SEPEKAN KUNJUNGAN KERJA BAPAK WAKIL BUPATI KE PULAU - PULAU KECAMATAN TERJAUH PANGKEP

  • 19 November 2018
  • 115
  • Administrator

Selama sepekan Wakil Bupati Pangkep melakukan kunjungan kerja bersama beberapa OPD ke pulau-pulau kecamatan terjauh yaitu Kecamatan Liukang Tangaya. Kunjungan kerja ini mendatangi 8 pulau dari tanggal 11 sampai dengan 17 November 2018 antara lain: Pulau Sabaru, Pulau Balo-Baloang, Pulau Matalaang, Pulau Sapuka, Pulau Tampaang, Pulau Sailus, Pulau Tinggalungan, dan Pulau Langkoitang, dengan menggunakan kapal Sea Nusantara. Dalam rombongan ini yang ikut berjumlah lebih 60 orang terdiri dari perwakilan OPD, anggota DPRD, tenaga medis, TNI dan Polri.

Kecamatan Liukang Tangaya dengan luas wilayah 120,00 km2, terdiri dari 37 pulau, 29 berpenghuni dan 8 tidak berpenghuni, 1 kelurahan dan 8 desa, dengan jumlah penduduk laki-laki yaitu 39.913 orang dan perempuan berjumlah 46.728 orang.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Wakil Bupati Pangkep H. Syahban Sammana, SH disetiap pulau melaksanakan silahturahim, temu wicara dengan pemerintah setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh wanita untuk mendengarkan semua aspirasi, permasalahan, usulan dari mereka, dan beliau juga menyampaikan program-program Pemerintah Daerah khususnya yang telah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan di pulau.

Pada umumnya masyarakat pulau sangat membutuhkan air bersih, jaringan komunikasi, listrik, transpor kapal perintis yang belum merata ke semua pulau, tenaga kesehatan dan guru.

DPPPA yang diwakili oleh Kabid data dan informasi ST. Rahmawati, SE., MM dan Kasi analisa dan penyajian data Jumriah, S.Sos, disetiap pulau langsung bersosialisasi ke masyarakat menyampaikan program dan kegiatannya, karena melihat kondisi masyarakat yang masih banyak terdapat usia perkawinan anak, dan banyaknya yang tidak lanjut sekolah karena jauhnya akses sarana pendidikan.

Para perempuan sangat membutuhkan pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan pengetahuan, pengolahan dan produktivitas sumber daya alam untuk peningkatan ekonomi keluarga.