MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN MINASATE'NE FASP INGINKAN SEKOLAH BEBAS SAMPAH PLASTIK

  • 07 Februari 2019
  • 51
  • Administrator

Pangkep (kla.id)

Didampingi Kepala Dinas PPPA Kabupaten Pangkep dr. Hj. Hartiny Djafar, M.Kes, perwakilan Forum Anak Saudara Pangkep ( FASP) hadir dalam Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Minasatene. (Rabu 6 Februari 2019)

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Minasatene tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya karena dihadiri oleh perwakilan  forum anak Saudara Pangkep.Camat Minasatene H.Satria Hasan Sammana memberikan   ruang atau kesempatan khusus untuk menyampaikan aspirasinya dan pandangannya di tengah pimpinan OPD, anggota DPRD, dan peserta musrenbang lainnya.

Muhammad Taslim perwakilah Forum Anak Saudara Pangkep menyampaikan asprasinya atau usulan-usulan yang telah disepakati dalam Kegiatan Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan (Musrenbang Anak) diantaranya, Forum Anak meminta kepada OPD atau Instansi terkait agar memberikan ruang bagi Pemenuhan Hak Anak khususnya dilingkungan sekolah, seperti pengadaan, taman baca dan perpustakaan, tempat sampah dan pengurangan sampah plastik dan FASP  menginginkan  disetiap sekolah agar menyiapkan air galon bagi para siswa karena plastik minuman jumlahnya sangat banyak dan  terbuat dari bahan yang sulit untuk diuraikan, sehingga ketika menumpuk menjadi sampah, akan menjadi penyebab dari pencemaran lingkungan khususnya lingkungan sekolah.

Salah satu upaya  mengatasi permasalahan sampah plastik di sekolah, siswa menginginkan juga agar disiapkan ruang kreasi  daur ulang sampah plastik  agar sampah plastik tersebut bisa dimanfaatkan kembali sebagai hasil kerajinan tangan (prakarya) dan menjadi barang yang berguna. Terkait usulan tersebut pimpinan OPD terkait menanggapi usulan FASP tersebut dan bersedia mengawal agar pemikiran mereka agar tidak terabaikan dan bisa terakomodir dengan baik di Musrenbang Kabupaten.