PANGKEP MENYELENGGARAKAN GERAKAN LAHIR BERSAMA AKTA (GELAR BERSAMATA)

  • 28 Februari 2019
  • 35
  • Administrator

Bahwa saat ini Dinas Kesehatan kerjasama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah meluncurkan Program GELAR BERSAMATA (Gerakan Lahir bersama Akta Kelahiran). Konsep dasarnya diharapkan anak yang baru lahir di tempat layanan kesehatan dapat langsung mendapatkan Akta Kelahiran sebelum pulang ke rumah dan ini sementara disosialisasikan kepada petugas kesehatan dan masyarakat.

Mekanismenya:
Petugas kesehatan diminta mengantarkan dokumen pasien berupa: Kartu Keluarga yang asli, fotocopy KTP Suami / Istri (orang tua bayi), fotocopy buku nikah, dan surat keterangan lahir dari tempatnya dilahirkan, ke Dinas Kepundudukan dan Catatan Sipil bagian pendaftaran penduduk (sudah ada petugas yang disiapkan).

Selanjutnya setelah melalui proses verifikasi, petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan mengantarkan ketempat dimana bayi dilahirkan. Khusus wilayah kepulauan yang jauh mengingat jarak dan waktu tempuh akan dilakukan penyesuaian, tapi prinsipnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan menjamin bahwa tidak ada lagi bayi lahir yang tidak mendapatkan akta kelahiran.

Hasil yang akan diperoleh dari kegiatan ini adalah Penggantian Kartu Keluarga baru (sudah dimasukkan data sibayi) dan Akta Kelahiran.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Petugas Kesehatan, OPD terkait, dan dari Desa / Lurah