PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN DATA DAN SISTEM INFORMASI GENDER DAN ANAK

  • 14 Juni 2019
  • 13
  • Administrator

Salah satu upaya untuk meningkatkan ketersediaan dan pemanfaatan data gender dan anak secara terpilah maka pada tanggal 12 Juni 2019 Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melaksanakan pertemuan "Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Data SIGA" bertempat di Cafe Lesang Kecamatan Bungoro. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola data dalam hal pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data gender dan anak dalam kelembagaan data di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Adapun Narasumbernya Bapak Wakil Bupati Pangkep dan Kepala Bidang Data dan Informasi Gender dan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Bupati Pangkep, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa data dan informasi sangat penting dalam pengelolaan pemerintahan di daerah karena untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan sumber daya manusia yang dapat dapat diandalkan dan terampil dalam pengelolaan data.

Kegiatan ini diikuti 30 orang anggota forum data yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Kecamatan, dan diharapkan kegiatan ini dapat berkesinambungan setiap tahunnya karena seringnya berganti pengelola data yang sudah dilatih atau diberi bimbingan. Dengan demikian data yang sudah dikumpulkan, diolah, di analisis dapat disajikan dalam bentuk informasi untuk pemanfaatan pembangunan di Kabupaten Pangkep.