Rapat Koordinasi Dalam Rangka Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Verifikasi Lapangan Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE)

  • 19 Maret 2021
  • 46
  • Administrator

         Tahun 2021 di Kabupaten Pangkep ada dua kegiatan verifikasi lapangan yaitu verifikasi lapangan terkait pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dan verifikasi lapangan terkait Kota Layak Anak (KLA). Sehubungan dengan akan diadakannya verifikasi lapangan, maka Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perliundungan Anak Kabupaten Pangkep mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dalam rangka Kegiatan KLA dan APE yang diadakan pada tanggal 19 Maret 2021 bertempat di Ruang Pola Pemda Kab,Pangkep yang dihadiri oleh OPD terkait, Dunia Usaha, Lembaga Masyarakat, dan Forum Anak Kab. Pangkep. Sebagai Narasumber Wakil Bupati Pangkep, Kepala Bappeda sebagai Ketua Pokja, YASMIP dan Kepala Dinas DP3A.

         APE merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pimpinan kementerian dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). Kategori penerimaan APE : Tingkat Pratama (Pemula), Tingkat Madya (Pengembangan), Tinfkat Utama (Pelatakan dasar dan berkelanjutan), dan Tingkat Mentor. Kabupaten Pangkep pada tahun 2018 mendapat penghargaan APE Tingkat Pratama.

         Kota Layak Anak (KLA) adalah Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

         Tujuan KLA secara umum adalah untuk memenuhi hak dan melindungi anak, sedangkan tujuan khusus adalah untuk membangun inisiatif pemerintah kabupaten/kota yang mengarah pada upaya transformasi Konvensi Hak Anak (KHA) dari kerangka khusus ke dalam defenisi, strategi dan intervensi pembangunan, dalam bentuk: kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak (PHPA), pada suatu wilayah kabupaten/kota.

         Jadawal pengimputan data indikator KLA mulai tanggal 15 Maret 2021 sampai dengan 2 April 2021, dengan lima klaster. Klaster I memuat data Hak Sipil dan Kebebasan, Klaster II memuat data Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Klaster III memuat data Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Klaster IV memuat data Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Seni Budaya, dan Klaster V memuat data Perlindungan Khusus.